Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Sunday 27 March 2016

Pusat Oleh-Oleh Bali on Review

Setiap wisatawan pasti akan bertanya-tanya oleh-oleh apa yang akan dibawa sepulang dari melancong. 

Hal ini sangat penting mengingat keabsahan kita dalam mengembara akan dipertanyakan apabila pulang dengan tangan hampa.


Kali ini saya akan memberikan penilaian terhadap beberapa toko/supermarket oleh-oleh yang ada di bali dimana sebelumnya saya sudah memposting "Destinasi Pasar Seni Bali" jika anda lebih suka berbelanja dengan sistim tawar menawar. 

Adapun dasar penilaian saya didasarkan atas beberapa faktor diantaranya:

  • Harga Barang
  • Lokasi/Akses
  • Kelengkapan Produk
  • Fasilitas 

Setelah melakukan survey saya menemukan  5 pusat toko oleh-oleh yang layak masuk daftar review by madelibali, antara lain sebagai berikut:

  1. JOGER
  2. KRISNA
  3. ERLANGGA 
  4. KARANG KURNIA
  5. KAMPUNG NUSANTARA BALI

Berikut review dari masing-masing toko yang keabsahannya belum diakui oleh majalah forbes tapi masih bisa dipakai acuan kalau anda hendak ke bali (saya yang jamin).

JOGER 

Sudah tidak terhitung berapa kali saya sudah ke toko ini, namun saya tidak pernah merasa bosan. Saya masih ingat sewaktu masih SMP dimana keinginan untuk memiliki kaos joger hanyalah angan-angan. Maklum saya hidup dari keluarga kaya hati tapi miskin harta.

Terdengar aneh memang namun inilah kenyataannya, dengan slogan "JOGER Jelek" pabrik kata-kata ini sudah menjadi icon bali dalam hal oleh-oleh / cinderamata khususnya pakaian.




Rajni di Halaman Tengah Joger


Toko ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama wisatawan domestik, karena tamu asing biasanya kurang tertarik mungkin karena tidak mengerti bahasa joger atau mereka kesusahan menemukan size yang pas dan saya belum menyelidikinya sampai kesana.


Pabrik Kata-Kata Joger Bikin Bingung



  • Harga Barang
Anda mungkin akan sedikit mengernyitkan dahi ketiga mengintip label yang terpasang di baju atau celana atau produk Joger yang lain. Terutama buat adik-adik yang masih sekolah.Tapi jangan khawatir karena anda mendapatkan barang original disini. 

Ingat yang anda beli adalah produk seni, kwalitas barangpun benar-benar dijaga, dijamin bisa tahan lama kecuali dipakai buat kerja bangunan yang biasanya akan cepat robek. 

Untuk polo shirt dan celana pendek harganya berkisar diangka 150 ribuan, sedangkan sandal jepit dijual dengan harga 21 ribu. Dan masih banyak pernak pernik lainnya yang dijual murah seperti stiker, gantungan kuci, dll dengan harga mulai dari 3 ribuan.

  • Lokasi/Akses

Berlokasi tidak jauh dari bandara Ngurah Rai tepatnya di Jl. Raya Kuta, apabila anda menginap di Hard Rock Hotel paling memakan waktu 5 menit jika tidak macet. 

Owner Joger pasti sudah belajar ilmu bisnis di banten sehingga lokasinya dibuat berdekatan dengan tempat-tempat rawan wisata seperti Pantai Kuta, Kartika Plaza, Black Canyon Bali, Waterboom, dll.

Hal inilah yang akan menimbulkan kesan "mubazir" jika anda pergi ke bali tanpa say hello ke Joger. "Belanja tidak belanja tetap tengkyu". 

  • Kelengkapan Produk
Dari kelima toko yang di survey, Joger termasuk toko yang kurang lengkap sama halnya dengan Surfer Girl karena tempat ini tidak menyediakan oleh-oleh berupa makanan atau cemilan.

Mungkin setelah review ini dibuat dan mendapat sambutan positip dari para pembaca yang budiman, manajement Joger akan menyediakan ayam penyet atau lele goreng (kita tunggu aja).

  • Fasilitas
Apa yang terlintas pertama kali saat kita akan menginjakkan kaki di sebuah tempat / objek wisata

Kalau saya sih biasanya Toilet, karena dalam perjalan biasanya kita menahan sesuatu untuk keperluan ini. Meskipun kendaraan anda sudah dilengkapi spa berjalan.

Bagi Anda yang membutuhkan tempat sholat mohon maaf belum tersedia disini,disarankan untuk mengatur jadwal kunjungan agar tidak berbenturan dengan waktu sholatnya.

Yang ketiga adalah tempat Parkir, karena kalo gak ada parkir mustahil kita bisa masuk, kecuali kita perginya jalan kaki atau naik onta.

Joger termasuk pelit dalam urusan parkir, karena untuk mobil hanya sanggup menampung 5 kendaraan sisanya silahkan Anda mencari bahu jalan raya kuta.
 


Bicara parkir disini saya mempunyai pengalaman menarik, dimana kunci motor saya ketinggalan dan diselamatkan oleh tukang parkir. Namun anehnya si Bli parkir menolak dengan tegas uang tips yang saya sodorkan, "good job Bli" semoga bli menjadi tukang parkir berprestasi.

Tukang Parkir Joger Baik Hati


Tidak kalah pentingnya "Pengepakan Barang" juga menjadi salah satu kebutuhan jika kita membeli barang dalam jumlah yang banyak. Bagaimana dengan kantung plastik? sekarang kan lagi go green dengan program plastik berbayar. Tenang anda akan mendapatkan tas secara cuma-cuma di Joger.

Dan yang terakhir adalah metode pembayaran, tapi disini semua toko sudah memiliki fasilitas gesek alias pake mesin EDC. 

Nah secara keselurahan review untuk JOGER adalah:


     



    

KRISNA

Krisna adalah supermarket oleh-oleh terlengkap dan terbesar di pulau dewata. Krisna melayani wisatawan di 4 lokasi yang berbeda dan kini sudah melebarkan sayap ke daerah Bali Utara yakni kota Singaraja.

Cabang Krisna di Bali  

Krisna 1
Krisna Nusa Indah Berlokasi Jl. Nusa Indah No. 77 Denpasar Bali Telp. 0361-262365, 264780  
 

Krisna 2
Krisna Nusa Kambangan Berlokasi Jl. Nusa Kambangan 160 A Denpasar Bali Telp. 0361-8423573, 8423574  
 

Krisna 3
Krisna Sunset Road Berlokasi Jl. Sunset Road No. 88 Abian Base Kuta Bali Telp. 0361-750031, 750987  
 

Rama Krisna
Rama Krisna Berlokasi Jl. Raya Tuban no 2x BaliTelp. 0361-764532


Krisna 5
Desa Temukus-Singaraja dekat Pantai Lovina.

  • Harga Barang 
Untuk urusan harga Krisna boleh tahanlah, karena saya menemukan harga yang tidak berbeda jauh dengan harga di pasar seni tradisional seperti pasar Sukawati dan Guwang.

Dengan harga pas calon pembeli tidak perlo repot-repot lagi untuk tawar menawar karena mereka memiliki slogan “Ngapain Mahal Kalo Bisa Murah”.

Saya ambil contoh ketika saya akan membeli gelang aksesoris, di pasar sukawati saya ditawari harga 5rb untuk harga satuannya sedangkan di Krisna harga pasnya 13rb. Lo kok lebih mahal? ia karena disini dapatnya 10 biji.

Saya tidak berani bilang di pasar lebih mahal, karena apabila kita pandai menawar mungkin dengan membeli 10 gelang harganya akan berubah menjadi 10rb (jika lagi beruntung).

Faktor mood pedagang, jumlah pengunjung, waktu, pokoknya situasi dan kondisi sangat menentukan harga dipasar.

Inilah yang membuat orang yang tidak terbiasa menawar akan lebih memilih Krisna sebagai tempat berbelanja.


SPG Krisna lagi santai menunggu pembeli

  • Lokasi/Akses
Untuk urusan yang satu ini kita tidak usah khawatir mengingat Krisna ada hampir di setiap sudut kota Denpasar dan Badung. Lebih lengkapnya saya sudah tuliskan diatas.
Apabila kita sedang berada di Seminyak maka kita bisa ke Krisna sunset road, atau Rama Krisna jika sedang berada di Kuta.

Apabila kita menggunakan jasa travel hampir bisa dipastikan pak sopir akan singgah disini, mengingat Krisna juga sudah melakukan kerjasama dengan travel agen.

Setiap pengunjung yang berbelanja akan mendapatkan kupon undian yang berhadiah mobil, demikian juga para pengantar tamu. Hal ini jugalah yang membuat Krisna makin sukses dalam bisnisnya.

Untuk mengetahui cerita sukses Krisna bisa Anda baca di "Kisah Sukses Krisna Oleh-Oleh Bali".


Isteri saya lagi ngisi kupon undian, semoga dapat mobil. Amin...
 
  • Kelengkapan Produk
Hampir semua pernak pernik dapat kita cari disini,mulai dari udeng, topi khas Bali, baju, tas, cemilan khas Bali, topi, kain Bali, hingga lukisan dapat kita temukan.

Aneka kacang-kacangan juga ada contohnya super kacang asin cap kecak mama, sari ayu, bali, dan krisna. Saya dan putri saya sangat suka dengan kacang kaprinya, hemm... sedap...!

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah kopi, bagi Anda yang penggemar kopi bisa mencoba beberapa diantaranya karena disini sangat beragam mereknya.

Mulai dari coffe bali, bali robusta, kopi bali arabica, bali classic, setia bali, bali gold, bali kintamani, bali cofee, kopi bali, kopi temulawak, mangsi, spirit bali bean, kopi bali asli, coffee sumibiyaki (ini pembuatnya hobi film jepang kayaknya), kopi luwak bali, banyuatis, trije bali, setia bali, bukit hexon, oh bali (ini lebay banget mereknya), toraja (wih jauh-jauh datang dari sulawesi gak capek apa), dan yang terakhir bali coffee setia.  

Kopi yang ditawarkan pun ada 2 macam, yaitu bubuk dan biji kopi. Harga untuk sekantung kecil kopi pun bermacam-macam, dari Rp 10.500-100.000. 

Madeline di depan etalase cemilan Krisna

Untuk aneka pakaian juga lumayan bagus-bagus karena Krisna memiliki konfeksinya langsung (cok konfeksi), dan harganyapun standar. Untuk polo shirt bahan coton saya dapatkan dengan harga 130rb.

Di bagian belakang, terdapat ruangan besar berisikan kaus-kaus dengan kata-kata lucu. Harganya berkisar dari Rp 20.000-50.000 saja.

Bermacam kain Bali pun tersedia di sini. Harganya dari Rp 30.000-Rp 90.000. Selain kain, disini juga tersedia bermacam selimut dan bedcover. Motifnya pun menarik, ada motif tradisional khas Bali sampai gambar kartun jagoan anak-anak. Bukan hanya baju, macam-macam tas juga bisa ditemui di sana. Tas perca dari kain Bali dan batik, tas anyaman, dan tas model terkini menjadi stok di toko oleh-oleh ini.

Masih belum puas? Ada berbagai mainan anak-anak tradisional, alat musik tradisional dan aksesoris di sini. Kita bisa puas membeli centong kayu, ukulele, layangan sampai kalung mutiara. Ada juga aksesoris dari emas putih dan ukiran dari kaca. Ada juga gelas-gelas cantik dan pin-pin lucu. Di bagian kanan toko, terdapat area seni. Di sinilah berderet lukisan dengan bermacam bentuk dan tema ada di sana.

Krisna juga memiliki jasa pembungkusan dengan kardus. Dengan membayar Rp 5.000 per kardus, kita bisa yakin barang belanjaan aman dari kerusakan. 

  • Fasilitas yang disediakan
Krisna memang di design untuk wisatawan domestik saya rasa, karena disediakan parkiran yang cukup luas sehingga bus-bus luar kota bisa parkir dengan leluasa.
  
Juga terdapat full AC dan kipas jumbo, tempat belanja ciri khas pulau dewata, keamanan dilengkapi dengan cctv di segala sudut, ada mushola, restaurant, food corner serta ruang tunggu.

Berikut kesimpulan hasil survey saya terhadap Krisna.

 






ERLANGGA

Erlangga memiliki dua gerai namun masih dalam satu jalur yakni di Jalan Nusa Kambangan No. 162 dan di Jl. Nusa Kambangan No. 28B. 


Erlangga 1 : by MadelinBali

Erlangga mengawali gerainya di daerah pekambingan Jl. Pulau Buru sekitar tahun 2007 silam. Namun seiring perkembangan waktu kini erlangga sudah menjadi toko pusat oleh-oleh yang maju pesat.

Jika dirunut berdasarkan waktu sebenarnya Erlangga lebih dulu terkenal daripada pusat oleh-oleh yang lainnya, tapi seiring dengan sengitnya persaingan kini mulai banyak usaha sejenis yang bermunculan. 

 
Erlangga 2 : by MadelinBali

  • Harga Barang 
Sebagian masyarakat mengatakan bahwa harga di Erlangga lebih murah daripada Krisna, namun menurut saya ini syah-syah saja karena masing-masing gerai memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Saya menemukan beberapa harga sepatu dan tas lebih murah ketimbang toko lain bahkan lebih murah dari pasar sukawati, namun ada beberapa yang harganya lebih mahal sedikit.
  
 
  • Lokasi/Akses
Mengingat lokasi yang berada di tengah-tengah kota membuat Erlangga rawan kemacetan. Hal inilah yang menjadi kendala terutama rombongan dengan mobil-mobil besar.

Untuk mencapai lokasi rute yang harus dilalui adalah Jl. Imam Bonjol (jika dari arah Kuta) dimana jalan ini hampir selalu padat. Demikian juga dari arah Sanur melewati jalan Teuku Umar, yang hampir macet tiap harinya.
 
  • Kelengkapan Produk
Erlangga menyediakan berbagai jenis produk untuk oleh-oleh, mulai dari pakaian anak kecil hingga pakaian orang dewasa, seperti: celana, baju kaos, daster, baju barong, dan lain-lain. 

Disini kita juga menjumpai aneka model tas, sandal, ikat pinggang, dan berbagai souvenir, serta lukisan yang sangat identik dengan Bali.

Kini gerainya sudah ditambahkan dengan adanya lantai 2 tempat dimana kita bisa menemukan pakaian dan tas yang bagus-bagus.
 
  • Fasilitas yang disediakan
Parkiran yang luas bisa kita jumpai di Erlangga 2 sedangkan di Erlangga 1 parkirannya agak sempit. Disamping itu Erlangga juga menyediakan fasilitas berupa food court, mushola, dan pijat refleksi, serta tempat untuk mengepak barang belanjaan yang rawan rusak, seperti lukisan, dan beberapa produk lainnya. 

Yang berbeda disini adalah jumlah kasir yang mencapai 16 orang, ini untuk menghindari jumlah antrian yang panjang. Tentu ini menambah nilai kenyamanan pengunjung.
 
Diluar galeri juga terdapat pajangan barong, musik tradisional bali, dan patung-patung, yang bisa digunakan untuk berselfi ria.

Untuk semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Erlangga maka jumlah bintang yang diperoleh sbb:

 






KARANG KURNIA 

Bersambung...


5 comments:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  2. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/hubungan-cinta-yang-bahagia-buat-badan.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/wajib-tahu-ini-manfaat-vitamin-c-untuk.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS | TAIPANBIRU.COM
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete



  3. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete



  4. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. bali memang sangat istimewa

    ReplyDelete

About Me

My photo
Man Behind The Blog ini adalah I Kadek Suardika sedangkan madeline diambil dari nama putri ke-2 yang sebelumnya sudah memiliki web dengan alamat www.madelinbali.com. Blog ini akan diupdate setiap hari minggu dengan beberapa info menarik mengenai Pulau Bali sebagai pulau dengan destinasi wisata terbaik namun sudah mulai meredup saat ini. Harapan dari bloger semoga bali tetap menjadi tujuan wisata terbaik di dunia sampai akhir zaman.
Powered by Blogger.